Alamat Kantor : Jl. Andi Mannappiang No. 70 - Kab. Bantaeng 92451 ( Website : http://bantaengkab.go.id )

Daerah

413 CPNS ikut prajabatan

Tim Publikasi 2014 | Senin, 10 Juni 2013 - 11:26:18 WIB | dibaca: 2161 pembaca

Bantaeng, 8 Juni 2013 – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bantaeng bekerjasama Badan Diklat Provinsi Sulsel kembali melakukan Diklat Prajabatan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemkab Bantaeng.

 

Diklat Prajabatan untuk golongan 1, 2 dan 3 yang dibuka Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah di Balai Kartini, Jum’at (7/6) itu berjumlah 413 CPNS yang terdiri atas 412 eks honorer kategori satu (K1) tahun 2012 dan seorang angkatan 2011.

 

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah berharap, prajab angkatan ini berbeda dengan angkatan sebelumnya. Pada angkatan ini diharapkan diberi pelajaran Budi Pekerti agar pelayanan di seluruh Kantor Dinas bisa sama dengan yang dilakukan di Kantor Pemda Bantaeng.

 

Bupati mengakui, perkembangan pesat di daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel belum diiringi disiplin pegawai. Ia memberi contoh pelaksanaan apel yang kerab dihadiri puluhan PNS.

 

‘’Ini sangat ironi sebab PNS di Bantaeng berjumlah 4 ribuan, namun yang hadir apel yanga segelintir. Pada saatnya orang akan bertanya, dengan kondisi seperti itu, siapa yang selama ini bekerja hingga Bantaeng bisa seperti ini,’’ urainya.

 

Karena itu, ia berharap kepada BKD untuk tidak ragu menerapkan aturan terutama PP 53. ‘’Bila ada yang sudah beberapa hari tidak masuk, tegur hingga pemberian sanksi seperti penundaan kenaikan pangkat, atau non job,’’ pintanya.

 

Masih menurut Bupati HM Nurdin Abdullah, dari Diklat Prajabatan ini akan terlihat bakat disiplin dan pembangkang. ‘’Bila ternyata ada yang tidak memenuhi syarat untuk lulus, ya jangan dipaksakan untuk lulus. Lebih baik kita programkan kembali agar diperoleh postur birokrat yang professional,’’ tambahnya.

 

‘’Jangan diperlakukan sama antara yang malas dengan yang rajin,’’ tegas Nurdin Abdullah seraya mengemukakan imej terhadap Bantaeng yang sangat luar biasa. Karena itu, jangan ada persoalan yang dibiarkan. Kita harus bisa menunjukkan bahwa Bantaeng memang exelent, ujarnya lagi.

 

Kepala Badan Diklat Sulsel, Sidik Salam pada kesempatan itu mengemukakan kebanggaannya terhadap Bantaeng di bawah kepemimpinan HM Nurdin Abdullah.

 

‘’Bantaeng di tangan Nurdin Abdullah, selalu ada yang baru dan ini sangat membanggakan,’’ katanya seraya mengemukakan rencana peraturan baru pelaksanaan Diklat yang selama ini hanya 3 hingga 4 pekan, mulai 1 Januari 2014 akan diperpanjang menjadi 3 bulan.

 

Diklat yang jangka waktunya pendek mungkin hanya menghasilkan keterampilan baris berbaris. Karena itulah, ia berharap kepada CPNS untuk menjadikan PNS sebagai pilihan.

 

Dengan begitu, seorang PNS akan mampu melaksanakan tugas sesuai Tupoksinya dengan membangun etos kerja dengan tanggungjawab tinggi. Karena itu, jaga keharmonisan dan ikuti dengan penuh perhatian serta disiplin selama mengikuti Diklat Prajabatan, urainya.(hms)